Video Terbaik DIKSAR 2020

Selamat Kepada Kak Ika Agustina, videonya sudah dipilih sebagai video terbaik pada Pendidikan Dasar Kepramukaan 2020

Selamat Kepada Kak Muji Hikmatul, videonya sudah dipilih sebagai video terbaik kedua pada Pendidikan Dasar Kepramukaan 2020

Selamat Kepada Kak Kedasih Kudungjati, videonya sudah dipilih sebagai video terbaik ketiga pada Pendidikan Dasar Kepramukaan 2020

Pemantapan 2020

Latihan Pemantapan Kepemimpinan

Penyampaian Materi Manajemen Organisasi – oleh Kak Susilowati

Latihan Pemantapan Kepemimpinan dilaksanakan setiap tahun setelah terlaksananya Penerimaan Tamu Racana (PTR) dan Pendidikan Dasar Kepramukaan (DIKSARPRAM). Latihan Pemantapan Kepemimpinan ini sebagai kegiatan wajib yang harus diikuti oleh anggota racana yang telah mengikuti Penerimaan Tamu Racana (PTR) dan Pendidikan Dasar Kepramukaan (DIKSARPRAM) Racana Raden Antawirya-Nyi Ageng Serang Pangkalan Universitas Tidar.

Kegiatan Latihan Pemantapan Kepemimpinan diikuti oleh anggota racana yang telah mengikuti Penerimaan Tamu Racana (PTR) dan Pendidikan Dasar Kepramukaan (DIKSARPRAM), dilaksanakan pada hari Jum’at-Minggu, 16-18 Oktober 2020, dan Sabtu-Minggu 24-25 Oktober 2020 secara online Via Aplikasi Zoom Meeting atau menyesuaikan yang diikuti oleh 14 peserta.

PTR 2020

Penerimaan Tamu Racana (PTR)

Penyampaian Materi Sejarah Racana – Kak Ashwin

Penerimaan Tamu Racana (PTR) dilaksanakan setiap tahun setelah terlaksananya Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Tidar. Penerimaan Tamu Racana ini sebagai kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa yang telah mendaftarkan diri sebagai Calon Anggota Racana Raden Antawirya-Nyi Ageng Serang Pangkalan Universitas Tidar.

Kegiatan Penerimaan Tamu Racana diikuti oleh calon anggota racana yang telah mendaftarkan diri. Penerimaan Tamu Racana dilaksanakan pada hari kamis 24 Sepember 2020, Jum’at 25 September 2020, dan Minggu 27 September 2020 secara online via zoom dan youtube yang diikuti oleh 29 peserta. Hari pertama Kamis, 24 September 2020 diawali dengan kegiatan persiapan dan registrasi pukul 18.45-19.00 WIB, mulai dari reka kerja, peserta PTR, dewan kehormatan, alumni racana, pembina, maupun tamu undangan yang lain dipersilahkan untuk memasuki room zoom. Kemudian setelah menunjukkan pukul 19.01 WIB yaitu melakukan pengecekan baik dari atribut, co-card, maupun pita putih yang diarahkan oleh sie. Korlap. Setelah melakukan pengecekan, acara yang selanjutnya yakni pembukaan yang bertugas dari reka kerja dan sambutan dari pembina pramuka putra yaitu Kak Tri Agus Gunawan, S. H., M. H. sampai pukul 19.45 WIB. Setelah selesai pembukaan dilanjut dengan pengisian materi Pengenalan Racana yang disampaikan oleh Kak Muhammad Farij Amrullah selaku Ketua Dewan Racana Putra (KDR Putra). Kemudian pukul 20.45 dilanjut dengan materi Pengenalan Reka yang disampaikan oleh Kak Yunita Aditya selaku koordinator reka kewirausahaan dan Kak Muhammad Arifin selaku koordinator reka olahraga. Di penghujung kegiatan hari pertama ini adalah penutupan dimana mahasiswa melakukan presensi dan di akhiri dengan arahan yang akan dipersiapkan untuk kegiatan di hari kedua.

Kegiatan hari kedua Jum’at, 25 September 2020 diawali dengan persiapan pada pukul 19.15 WIB kemudian dilanjut dengan materi Sejarah Racana yang disampaikan oleh Kak Aswin Khoirul Basar hingga pukul 20.10 WIB dan pada pukul 20.11 WIB sampai 21.00 WIB pengisian materi Pramuka Pandega yang disampaikan oleh Kak Hardono selaku Pemangku Adat Putra (PA Putra). Dan acara yang terakhir di hari kedua yaitu penutupan.

Hari terakhir yaitu Minggu, 27 September 2020 persiapan dimulai pukul 07.45 WIB. Pada hari ketiga ini materi yang disampaikan oleh Kak Indivara Khaerunisa selaku Bendahara Dewan Kerja Cabang Kota Magelang yaitu materi Pengenalan seputar DKC dan Pramuka di Magelang selama 50 menit. Pukul 08.56 – 09.40 WIB yaitu Pengenalan Reka mulai dari Reka Protokoler yang disampaikan oleh Kak Nur Alifatun Hana, Reka Seni yang disampaikan oleh Kak Anggi Majid, dan Reka Jurnalistik yang disampaikan oleh Kak Ahmad Yasir Rifa’i. Dan selanjutnya tibalah di puncak acara kegiatan ini yaitu Penyematan Tanda Tamu Racana dan Welcoming Speech. Tanda tamu racana ini yakni berbentuk pita dan berwarna putih yang di pandu oleh Kakak Pembina Pramuka Putri yaitu Kak Anis Rakhmawati, S.T., M.T. dan dilanjut penutupan pada pukul 10.00 WIB.